PENGEMBANGAN SILABUS
Edisi 2011
SEKOLAH : SMKN 4 SURAKARTA
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS : X ,XI ,XII
GURU MAPEL : 1. Drs. D J A R O T
2 .TRI SUMARYOKO , S.Pd
3. DOKO MULATO, S.Pd
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : X/ 1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik | - Langkah-langkah metode ilmiah diijelaskan dan masing-masing diberikan contohnya - Gejala-gejala alam biotik di lingkungan sekitar diidentifikasi secara cermat . - Hipotesis disusun sebagai solusi terhadap masalah yang telah dirumuskan. - Rencana penelitian disusun dengan varibel-variabel. - Variabel-variabel penelitian diperlakukan dan diukur dengan teliti/akurat. - Laporan penelitian ditulis secara cermat -Keanekaragaman diamati secara cermat - Klasifikasi makhluk hidup dilakukan dengan benar | - Menjelaskan pengertian Metode ilmiah - Menyebutkan urutan langkah-langkah metode ilmiah - Membuat contoh Perumusan masalah dan hipotesis - Keanekaragaman hayati - Klasifikasi makhlik hidup -Mempresentasikan hasil diskusi | - Mendiskusikan metode ilmiah, diidentifikasi langkah-langkah ilmiah dan contohnya - Melakukan pengamatan gejala alam biotik di lingkungan sekitar (perilaku maupun keadaan hewan, tumbuhan, dan mikroorgamisme baik pada individu maupun dampak dari perilaku individu itu. Misalnya, luruhnya bunga sebelum waktunya pada tanaman tertentu, hilangnya populasi katak di suatu kawasan, dsb). - Diskusi kelompok untuk: merumuskan masalah dari temuan gejala alam biotik di lingkungan sekitar sebagai isyu yang perlu dibahas selanjutnya; melengkapi informasi, baik dengan melakukan penga-matan yang lebih cermat di lokasi sesuai dengan masalah yang dirumuskan, ataupun studi pustaka di perpustakaan/ intenet; Informasi itu selanjutnya digunakan untuk membuat hipotesis; menyusun rencana penelitian. - Melakukan penelitian sesuai dengan rencana yang disusun. - Mengkomunikasikan hasil penelitian. - Pengamatan keanekaragaman hayati - Mengklasifikasikan makhlik hidup | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - uraian -PG | - Jelaskan pengertian metode ilmiah _buat klipinhg macam –macam tumbuhan | 8 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK KL.X Penerbit ERLANGGA Jakarta,Th. 2006 |
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
KELAS/SEMESTER : X/ 1
STANDAR KOMPETENSI : MENERAPKAN BESARAN-BESARAN FISIKA DAN SISTIM PENGUKURAN :
ALOKASI WAKTU : 6 x 45 menit
Kode kompetensi : 2
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
Mengidentifikasi besaran-besaran fisika dan pengukuran | 1. Besaran-besaran pokok dan turunan diidentifikasi berdasarkan sistim satuan internasional 2. Macam-macam alat ukur dipilih sesuai dengan fungsinya 3. Langkah-langkah pengukuran dan pembacaan nilai yang ditunjukkan alat ukur dilakukan dengan tepat | . Besaran pokok, turunan, dimensi Pengukuran | Berdiskusi tentang besaran pokok, turunan, dan dimensi 1. Memilih dan menggunakan jenis alat ukur sesuai dengan fungsinya dibidang bisnis 2. Melakukan pembacaan nilai alat ukur | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - uraian -PG | - Jelaskan pengertian besaran pokok | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK tk 1oleh Sri sih retning dkk LPP2IP YOGYA th2003 |
\
Nama Sekolah : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (
Kelas/Semester : X / I
Standar Kompetensi : Membedakan unsur senyawa dan campuran
Kode kompetensi : 3
Alokasi Waktu : 6 x45menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
Mendeskripsikan unsur dan senyawa kimia | ▪ unsur dan senyawa dapat di bedakan secara tepat berdasarkan sifat-sifatnya ▪ campuran diidentifikasikan dengan tepat berdasarkan ciri-cirinya ▪ senyawa dan campuran dibedakan berdasarkan pengamatan | · Unsur · Senyawa · Campuran · Pemisahan campuran | 1.berdiskusi tentang unsur senyawa dan campuran 2.melakukan praktikum tentang unsur, senyawa dan campuran 3.membuat laporan hasil percobaan pemisahan campuran 4.mempresentasikan laporan praktikum diskusi | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - uraian -PG | - Jelaskan pengertian Unsur | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK KL.X Penerbit ERLANGGA Jakarta,Th. 2006 |
Nama Sekolah : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (
Kelas/Semester : X / I
Standar Kompetensi : MENGIDENTIFIKASI MIKROORGANISME VIRUS, BAKTERI, FUNGI/JAMUR
Kode kompetensi : 4
Alokasi Waktu : 6 x45menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
. Mendeskripsikan struktur tubuh dan cara reproduksi (penyebaran) virus, bakteri, fungi/jamur | 1.Struktur tubuh dan cara reproduksi virus 2.Struktur tubuh dan cara reproduksi bakteri 3.Struktur tubuh dan cara reproduksi jamur | 1. Stuktur tubuh virus, bakteri, fungi/jamur 2.Perkembangbiakan/penyeberan virus, bakteri, fungi/jamur | 1. Mencari imformasi tentang stuktur tubuh virus, bakteri, fungi/jamur, dan perkembangbiakan/penyebaran virus, bakteri, fungi/jamur 2. Berdiskusi tentang stuktur tubuh virus, bakteri, fungi/jamur, dan perkembangbiakan/penyebaran virus, bakteri, fungi/jamur, 3. Membuat laporan hasil diskusi tentang stuktur tubuh virus, bakteri, fungi/jamur, protozoa dan perkembangbiakan/penyebaran virus, bakteri, fungi/jamur, 4. Mempresentasikan laporan hasil diskusi tentang stuktur tubuh virus, bakteri, fungi/jamur dan dan perkembangbiakan/penyebaran virus, bakteri, fungi/jamur, | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - uraian -PG | - Jelaskan pengertian virus | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK KL.X Penerbit ERLANGGA Jakarta,Th. 2006 |
Nama Sekolah : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (
Kelas/Semester : X / 2
Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kode kompetensi : 5
Alokasi Waktu : 8 x45menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik | - Gejala alam yang terjadi dilingkungan sekitar diidentifikasi dengan benar. (contoh: peristiwa siang & malam, pelangi, tsunami, gempa, bencana, dll) - Faktor-faktor terjadinya gempa dijelaskan dengan benar. - Faktor-aktor terjadinya bencana alam tsunami dijelaskan dengan benar. - Pengetahuan tentang antisipasi akibat dari bencana alam diidentifikasi dengan benar. - | - Rotasi bumi dan peristiwa siang dan malam - Gempa bumi sebagai bentuk gejala alam - Tsunami sebagai bentuk gejala alam - Antisipasi bencana alam - | - Melakukan diskusi untuk membahas proses-proses fisika yang terjadi dalam peristiwa rotasi bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan. - Membaca literatur dan sumber belajar (misalnya koran) tentang peristiwa gempa bumi. - Melakukan Kunjungan/ observasi ke BMG - Melakukan diskusi tentang faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya gempa bumi. - Melihat tayangan dan membaca literatur (misalnya koran) tentang peristiwa tsunami. - Melakukan diskusi tentang faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tsunami. - Membuat daftar langkah penyelamatan yang harus dilakukan apa bila pada saat terjadinya bencana gempa dan tsunami. - Melakukan simulasi penyelamatan saat terjadinya gempa dan tsunami.. | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - uraian -PG | - Jelaskan pengertian tsunami | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK KL.X Penerbit ERLANGGA Jakarta,Th. 2006 |
Nama Sekolah : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (
Kelas/Semester : X / 2
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi reaksi kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Kode kompetensi : 6
Alokasi Waktu : 6 x45menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
Mengidentifikasikan persamaan reaksi kimia | - Persamaan reaksi kimia disetarakan sesuai aturan - Reaksi kimia diidentifikasi secara benar - Reakasi oksidasi dan reduksi diidentifikasi secara benar | - Persamaan reaksi kimia - Tanda-tanda terjadinya reaksi kimia -Latihan menyetarakan persa maan reaksi - Reaksi reduksi dan oksidasi | - Mengidentifikasi reaksi kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi - Ma\elakukan percobaan reaksi sederhana - Diskusi reaksi oksidasi dan reduksi | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - Uraian -PG | - Jelaskan pengertian oksidasi | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK tk 1oleh Sri sih retning dkk PP2IP YOGYA th2003 |
Nama Sekolah : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Nama Sekolah : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (
Kelas/Semester : X / 2
Standar Kompetensi : Menggunakan satuan konsentrasi dalam membuat larutan
Kode kompetensi : 7
Alokasi Waktu : 6 x45menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
1.Menyatakan konsentrasi larutan dalam % b/b, % b/v, % v/v, molaritas (M) dan ppm | ▪ Satuan konsentrasi larutan dalam % b/b, % b/v, % v/v, molaritas (M) dan ppm dapat dinyatakan secara tepat ▪ Larutan dengan konsentrasi tertentu dapat dibuat dengan baik dan tepat -Menghitung konsentrasi larutan %,M. | - Konsentrasi larutan dalam % b/b, % b/v, % v/v, molaritas (M) dan ppm - Pengenceran larutan | 1.Melakukan diskusi tentang satuan konsentrasi larutan 2.Melakukan perhitungan menggunakan satuan konsentrasi 3.Melakukan percobaan membuat larutan dengan satuan konsentrasi yang ditentukan 4.Melakukan pengenceran larutan dari konsentrasi larutan yang telah ada | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - uraian -PG | - Jelaskan pengertian konsentrasi | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK tk 1oleh Sri sih retning dkk LP2IP YOGYA th2003 |
Nama Sekolah : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (
Kelas/Semester : XI / 3
Standar Kompetensi : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungannya
Kode kompetensi : 8
Alokasi Waktu : 6 x45menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
Mengidentifikasi jenis limbah | - Pengertian limbah sebagai buangan hasil akibat aktivitas manusia yang akan mengganggu kesetimbangan alam jika jumlahnya melebihi nilai ambang batas diseskripsikan dengan benar. - Macam-macam limbah diidentifikasi berdasarkan sumber yang ada di lingkungan. - Pengelompokan limbah berdasarkan jenis senyawa dan wujudnya dilakukan dengan benar. - Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang didata dan dipilah dengan benar. | Limbah dan Jenisnnya | - Membuat karya ilmiah tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan melalui pengkajian literatur. - Diskusi dan informasi tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - Uraian - - PG | - Jelaskan pengertian Limbah | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK KL.X I Penerbit ERLANGGA Jakarta,Th. 2006 |
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
Mengidentifikasi jenis polusi pada lingkungan kerja | - Jenis-jenis polusi dan polutan didentifikasi berdasarkan keberadaan dan jenis lingkungan kerja. - Pengelompokan polutan berdasarkan jenis senyawa, wujud, dan sifatnya dilakukan dengan benar. - Jenis polutan di lingkungan kerja yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang didata dengan benar. | Polusi di Lingkungan Kerja | - Membuat karya ilmiah tentang jenis polusi, jenis polutan di lingkungan kerja berdasarkan hasil pengamatan lingkungan kerja. - Diskusi dan informasi tentang jenis-jenis polutan yang terdapat di udara, air, dan tanah pada lingkungan kerja. | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - uraian _PG | - Jelaskan pengertian polusi | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK KL.X I Penerbit ERLANGGA Jakarta,Th. 2006 |
Nama Sekolah : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (
Kelas/Semester : X / 3
Kode kompetensi : 9
Alokasi Waktu : 4 x45menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
Mendeskripsikan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan | - Pengaruh dampak polusi terhadap penurunan kualitas hidup manusia dideskripsikan dengan benar. - Dampak polusi terhadap kesehatan manusia dihubungkan dengan fakta-fakta yang ada di lingkungan. - Dampak polusi terhadap lingkungannya dihubungkan dengan fakta-fakta yang ada di lingkungan | Dampak Polusi Terhadap Kesehatan Manusia dan Lingkungan | - Membuat karya ilmiah tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan melalui pengkajian literatur. - Diskusi dan informasi tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - Uraian - PG | - Jelaskan pengertian lingkungan | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK KL.XI Penerbit ERLANGGA Jakarta,Th. 2006 |
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
Mengidentifikasi jenis polusi pada lingkungan kerja | - Pemilihan metode penanganan limbah sesuai dengan sifat dan wujud limbahnya dilakukan dengan benar. - Pembuatan kompos dari limbah padat industri berbahan baku / pasar/ rumah tangga dilakukan dengan baik. - Pedaurulangan kertas dilakukan dengan baik. - Pembuatan model penanganan limbah berdasarkan hasil studi di lingkungan kerja dilakukan dengan baik. | Cara-Cara Penanganan Limbah | - Membuat karya ilmiah tentang cara penanganan limbah melalui pengkajian literatur dan kunjungan ke industri yang memiliki instalasi pengolahan limbah. - Melakukan studi literatur untuk mencari cara membuat kompos dan kertas daur ulang. - Praktik membuat kompos dari limbah alami. - Praktik membuat kertas daur ulang. - Membuat model penanganan limbah berdasarkan hasil studi di industri. - Diskusi dan informasi tentang penanganan limbah, pembuatan kompos, pembuatan kertas daur ulang, dan model penenganan limbah | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - uraian -PG | - Jelaskan cara penanganan limbah | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK KL.X I Penerbit ERLANGGA Jakarta,Th. 2006 |
Nama Sekolah : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (
Kelas/Semester : XI / 3
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi sel , jaringan, organ dan sistem organ beserta fungsinya
Kode kompetensi : 10
Alokasi Waktu : 6 x45menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
1. Sel, Jaringan, dan Organ | - Sel hewan dan tumbuhan dibedakan berdasar karakteristiknya - Fungsi organel sel didefinisikan berdasarkan karakteristiknya - Jaringan pada organisme dibedakan berdasarka makhluk hidupkarakteristiknya -Organ pada makhluk hidup dibedakan berdasarkan karakteristiknya | -Sel hewan -Sel tumbuhan -Macam-macam jaringan -Macam-macam organ | - Menjelaskan definisi sel - Membedakan struktur uniseluler dengan multiseluler - Membedakan organela sel hewan dengan sel tumbuhan melalui pengamatan dengan mikroskop - Dskusi tentang macam –macam jaringan pada - Diskusi macam macam organ pada makluk hidup | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - uraian -PG | - Jelaskan pengertian sel | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK tk 2 oleh Sri sih retning dkk LPP2IP YOGYA th2003 |
Nama Sekolah : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (
Kelas/Semester : XI / 4
Standar Kompetensi :Mendeskripsikan Asam,basa,garam
Kode kompetensi : 11
Alokasi Waktu : 8 x45menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
Mengidentifikasi asam, basa , garam serta fungsinya | . Asam , basa dan garam dapat diidentifikasikan bewrdasarkan sifat - sifat nya. . Kegunaan asam ,basa garam - Penghitungan derajat keasaman Diidentifikasi secara benar | -Sifat-sifat asam,basa garam - Contoh dakegunaan asam , basa , garam. dalam tehnologi. | 1. Berdiskusi tentang asam Basa dan garam. 2 . Contoh-contoh Reaksi pembentukan Asam , basa dan garam. 3 Melakukan percobaan asam ,basa ,garam 4 Berdiskusi tentang asam, Basa dan garam di bidang tehnologi. 5.Menghitung pH | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - Uraian - PG | - Jelaskan pengertian asam | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK Klas 2 oleh Sri sih retning dkk LP2IP YOGYA th2003 |
Nama Sekolah : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (
Kelas/Semester : X / 4
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan dasar-dasar kelistrikan
Kode kompetensi : 12
Alokasi Waktu : 8 x45menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
1. Dasar-dasar kelistrikan | 1. Listrik statis dan dinamis diidentifikasi dengan tepat 2. Jenis-jenis arus listrik diidentifikasi menurut arahnya 3. Daya listrik diidentifikasi dengan tepat 4. Energi listrik dihitung sesuai dengan keterpakaiannya | 1. Arus listrik searah 2. Arus listrik bolak balik 3. Daya listrik 4. Energi listrik | 1. Informasi dan berdiskusi tentang alat ukur listrik 2. Melakukan praktikum alat ukur listrik 1. Mendiskusikan perbedaan listrik statis dan listrik dinamis 2. Mendiskusikan jenis-jenis arus listrik 3. Mendiskusikan daya listrik 4. Menghitung pemakaian energi listrik | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - uraian -PG | - Jelaskan pengertian DC | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK Klas 2 oleh Sri sih retning dkk LP2IP YOGYA th2003 |
Nama Sekolah : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (
Kelas/Semester : XII / 5
Standar Kompetensi : Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal
Kode kompetensi : 13
Alokasi Waktu : 20 x45menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
Mengidentifikasi komponen ekosistem | - Komponen-komponen ekosistem diidentifikasi berdasarkan lingkungan sekitar - Komponen biotik dan abiotik diidentifikasi berdasarkan fungsinya. - Jaring-jaring makanan dalam ekosistem diidentifikasi berdasarkan rantai makanan - Mengatasi masalah lingkungan dengan menggunakan konsep rantai maka nan - Interaksi antar komponen biotik dalam bentuk mutualisme, komensalisme, dan parasitisme diidentifikasi melalui kegiatan penelitian di lapangan. - Peran komponen biotik dan abiotik dijelaskan berdasarkan data hasil praktikum. | - Komponen-Komponen Ekosistem - Interaksi komponen-komponen ekosistem - Jaring-Jaring Makanan dan Rantai-rantai makanan - Bentuk interaksi antar komponen biotik - Peran komponen biotik dan abiotik dalam kehidupan | - Mengamati lingkungan sekolah secara berkelompok. - Mencatat makhluk hidup dan tak hidup yang ada di lingkungan sekolah. - Mengelompokkan makhluk hidup dan tak hidup dari hasil pengamatan. - Diskusi dan tanya jawab tentang pengertian lingkungan dan komponen penyusunnya. - Menunjukkan komponen lingkungan biotik dan abiotik dari hasil pengamatan kelompok. - Mendefinisikan pengertian komponen biotik dan abiotik serta menyebutkan contohnya. - Melakukan kajian pustaka untuk membedakan istilah-istilah habitat, populasi, komunitas, ekosistem, biosfer. - Mengidentifikasi hubungan proses makan dan dimakan dalam rantai makanan dan jaring-jaring makanan dengan menggunakan gambar. - Disajikan suatu kasus misalnya mewabahnya hama tikus. Menganalisis bagaimana pemecahan masalah tersebut dengan menggunakan konsep rantai makanan. - Diskusi dan tanya jawab tentang fungsi, dan interaksi antar komponen biotik. - Membandingkan Interaksi antar komponen biotik dalam bentuk mutualisme, komensalisme, dan parasitisme dengan kegiatan penelitian di lapangan, atau berdasarkan studi literatur. - Melakukan praktikum tentang peran komponen biotik dan abiotik dalam kehidupan, misalkan praktikum pengaruh intensitas cahaya terhadap pertumbuhan biji kacang merah. - Mengaplikasikan pemahaman tentang fungsi komponen biotik dan abiotik dalam kehidupan dengan cara membersihkan lingkungan dan menanam pohon-pohonan di sekolah. | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - uraian -PG | - Jelaskan pengertian komponen biotik | 8 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK KL.XII Penerbit ERLANGGA Jakarta,Th. 2006 |
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan | - Kondisi lingkungan hidup dijelaskan pada tingkat lokal, regional, nasional dan global - Saling ketergantungan antar komponen biotik dan abiotik dijelaskan berdasarkan hasil percobaan - Bahaya over eksploitasi ekosistem dijelaskan berdasarkan dampaknya. | - Saling Ketergantungan - Dampak Over eksploitasi Ekosistem | - Iur pedapat tentang permasalahan lingkungan yang terdapat dalam skala lokal, regional, nasional dan global - Menunjukkan komponen biotik yang ada di lingkungan sekolah. - Melakukan kegiatan penelitian tentang Saling ketergantungan antar komponen biotik dan abiotik - Diskusi kelompok tentang hasil kegiatan penelitian. - Presentasi hasil diskusi kelompok. - Mendiskusikan dampak over eksploitasi ekosistem terhadap kualitas lingkungan dan kualitas hidup masyarakat sekitar. - Tanya jawab hal-hal yang belum dipahami siswa. | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - Uraian - - PG | - Jelaskan pengertian saliong ketergantungan | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK KL.XII Penerbit ERLANGGA Jakarta,Th. 2006 |
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
Mendeskripsikan AMDAL | - Pengertian AMDAL dideskripsikan berdasarkan lingkup suatu kegiatan - Kebijaksanaan Lingkungan di Indonesia dijelaskan dalam hubungannya dengan kegiatan pembangunan - Dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya dijelaskan secara tepat - Metode Identifikasi Prakiraan dan Evaluasi Dampak dijelaskan dengan tepat - Prosedur pelaksanaan pengambilan data AMDAL dilakukan dengan benar - Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan AMDAL
| - AMDAL - Kebijakan Lingkungan di Indonesia - Dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya - Metode Identifikasi Prakiraan dan Evaluasi Dampak | - Mendiskusikan kualitas lingkungan di berbagai daerah ditinjau dari kenyaman hidup masyarakat sekitar. - Membahas informasi kebijakan dan regulasi pengelolaan lingkungan di Indonesia. - Mendiskusikan tujuan, prosedur, dan rekomendasi yang ingin dicapai dengan adanya AMDAL sebelum melakukan pembangunan. - Melaksanaan praktik simulasi analisis mengenai dampak lingkungan pada suatu areal dengan karakteristik tertentu. - Mengobservasi langsung daerah yang telah dan sedang dibangun dan mempelajari hasil AMDALnya. - Mendiskusikan petingnya AMDAL dilaukan secara obyektif, profesional, dan cermat agar memperoleh rekomendasi yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - uraian -PG | - Jelaskan pengertian AMDAL | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK KL.X II Penerbit ERLANGGA Jakarta,Th. 2006 |
Nama Sekolah : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (
Kelas/Semester : XII / 5
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi karbohidrat, lemak, protein dalam makanan
Kode kompetensi : 14
Alokasi Waktu : 6 x45menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
Mengidentifikasikan karbohidrat dalam makanan | Jenis-jenis karbohidrat dalam makanan dapat diidentifiaksi berdasarkan sifat-sifatnya Manfaat karbohidrat diidentifikasi secara tepat Struktur karbohidrat diidentifikasi secara tepat | - Karbohidrat dalam makanan | § Mengklasifikasikan karbohidrat yang dilengkapi dengan contoh § Menjelaskan sifat-sifat gula § Menjelaskan derajat kemanisan gula § Menjelaskan komponen pembentuk pati § Menjelaskan sifat-sifat pati, selulosa, glikogen, dekstrin dan agar-agar Mempertunjukan sifat karbohidrat dengan cara percobaan | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - Uraian - -PG | - Jelaskan pengertian karbohidrat | 2 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK Klas 2 oleh Sri sih retning dkk LP2IP YOGYA th2003 |
Mengidentifikasikan protein dalam makanan | - Protein dalam makanan dapat diidentifiaksi berdasarkan sifat-sifatnya -Manfaat protein diidentifikasi secara tepat -Struktur protein diidentifikasi secara tepat | - Protein dalam makanan | § Menjelaskan pengertian dan komponen pembentuk protein § Menjelaskan macam-macam protein berdasarkan struktur, kelarutan dan fungsi biologisnya § Menjelaskan sifat-sifat protein berdasarkan kelarutan, reaksi dengan asam, basa, alkohol dan pemanasan. § Menjelaskan berbagai fungsi protein § Mempertunjukan sifat protein dengan cara percobaan | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - Uraian - -PG | - Jelaskan pengertian protein | 2 | | | - |
Mengidentifikasikan lemak dalam makanan | - Lemak dalam makanan dapat diidentifiaksi berdasarkan sifat-sifatnya -Manfaat lemak diidentifikasi secara tepat -Struktur karbohidrat diidentifikasi secara tepat | - Lemak dalam makanan | § Mendiskusikan perbedaan lemak dan minyak § Menjelaskan macam-macam lemak dan minyak berdasarkan sumber ikatan dan wujudnya § Mempertunjukan sifat lemak dengan cara percobaan | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - Uraian - -PG | - Jelaskan pengertian lemak | 2 | | | - |
Nama Sekolah : SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (
Kelas/Semester : X / 6
Standar Kompetensi : Memahami kegunaan dan dampak lingkungan beberapa senyawa karbon
Kode kompetensi : 15
Alokasi Waktu : 6 x45menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Karakter | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk instrumen | Contoh instrumen | TM | PS | PI | ||||||
Mengetahui kegunaan beberapa senyawa karbon dan dampaknya | 1. Pengertian senyawa karbon didefinisikan secara tepat 2. Kegunaan senyawa karbon dideskripsikan dengan benar 3.Isomer senyawa karbon dideskripsikan dengan benar 4.Dampak senyawa karbon dideskripsikan dengan benar | - Pengertian senyawa karbon -Kegunaan senyawa karbon -Isomer - Dampak senyawa karbon | 1. Menjelaskan senyawa karbon 2. Diskusi informasi senyawa karbon serta kegunaan dan dampaknya 3. Isomer pada senyawa karbon | Ketelitian -Kerja sama -Percaya diri -Tanggung jawab -jujur -Religius -Cinta | - Tertulis -Tugas | - uraian portofolio Ceklis | - Jelaskan pengertian metode ilmiah _buat klipinhg macam –macam tumbuhan -Kerja sama -Tanggung jawab | 6 | | | - Lingkungan - Buku sumber IPA SMK Klas 3 oleh Sri sih retning dkk LP2IP YOGYA th2003 |
Surakarta, Juli 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran IPA
Kepala Sekolah
Drs. Sugiyarto,M.Pd Drs. D j a r o t Tri Sumaryoko, S.Pd Doko Mulato,S.Pd
NIP.195608271984031005 NIP.195507211985031005 NIP. 196503111990031009 NIP. 196907262007011010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar