Selasa, 31 Agustus 2010

FORMAT RPP 2010

FORMAT RPP ( RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ) 2010

No. ………..

Sekolah :

Mapel :

Klas/ Semester :

Pertemuan ke :

Alokasi waktu :

Standarad Kompetensi :

Kompetensi Dasar :

Indikator :

A. Tujuan Pembelajaran

B. Materi Pelajaran

C. Metode Pembelajaran

D. Lanagkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan pertama

a. Kegiatan awal

b. Kegiatan inti

v Eksplorasi

v Elaborasi

v Konfirmasi

c. Kegiatan akhir

2. Pertemuan kedua

a. Kegiatan awal

b. Kegiatan inti

v Eksplorasi

v Elaborasi

v Konfirmasi

c. Kegiatan akhir

3. Pertemuan ke….n :

E. Alat / Media Belajar

1……………….

2……………….

3……………….

4………………

F. Buku Pegangan Guru /siswa

1. ………………

2. ………………

3…………………

4…………………..

5…………………

G. Tugas

1. Tugas terstruktur

2. Tugas non terstruktur / Tugas mandiri

H. Penilaian

1. Teknik : ……………….

2. Bentuk Instrumen : ……………

3. Soal / Instrumen : ……………

Surakarta, Agustus 2010

Kepala Sekolah………. Guru Pengampu

…………………. …………………….

NIP………. NIP……………..

Catatan : ………………………………………………………..

………………………………………………………..

……………………………………………………………..

…………………………………………………………….

Keterangan

I. Kegiatan Eksplorasi

1. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topic /tema materi yang akan dipelajari .

2. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran ,media pembelajaran dan sumber belajar yang lain

3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peaerta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.

4. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

5. Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan

Macam –macam alternatif kegiatan eksplorasi

1. Membaca tentang

2. Mendengar tentang

3. Berdiskusi tantang

4. Mengamati model ( teks / karya )

5. Mengamati demonstrasl

6. Mengamati simulasi kasus

7. Mengamati 2 perbandingan ( yang salah dan yang benar )

8. Mencoba melakukan kegiatan tertentu

9. Membaca kasus ( bedah kasus )

10. Talk show

11. Berwawancara dengan sunber tertentu ( menggali informasi )

12. Observasi terhadap lingkungan

13. Mencoba melakukan kompetensi dengan kemampuan awalnya

14. Mencoba eksperimen

15. Bernyanyi ( berkaitan dengan konsep yang akan dibahas )

16. Bermain ( berkaitan dengan konsep yang akan dibahas )

II. Kegiatan Elaborasi

1. Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentuyang bermakna

2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas ,diskusi, dan lain –lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.

3. Memberi kesempatan untuk berpikir , menganalisa, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa meresa takut

4. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif

5. Memfasilitasi peserta didik berkompetensi secara senat untuk meningkatkan prestasi belajar

6. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok

7. Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok

8. Memfasilitasi peserta didik mellakukan pameran , turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan

9. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik

Macam-macam alternatif kegiatan elaborasi

1. Diskusi / Mandiri

2. Mengidentifikasi diri

3. Menemukan konsep

4. Melakukan generalisasi

5. Mencari bagian –bagian

6. Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan

7. Memasukkan dalam kelompok yang mana ( memilah –milah )

8. Membandingkan dengan dunia nyata atau pengetahuan yang telah dimiliki ( analisis beda dan persaannnya )

9. Menganalisis mengapa terjadi begini / begitu dari hasil eksperimen / demonstrasi

10. Meramalkan apa yang yang akan terjadi dari eksperimen

11. Mengidentifikasi mana yang beda / sama dengan model bandingkan / criteria dan mana yang lebih baik

12. Mengidentifikasi apa yang salah / benar

13. Mengurutkan

14. Mengelompokkan

15. Mengkombinasikan

16. Menyusun mana yang berhubungan dan mana yang tidak

17. Menghubung-hubungkan ( mencari model hubungan )

18. Memasangkan contoh dan bukan contoh ( memanfaatkan model bandingkan untuk elaborasi )

III. Kegiatan Konfirmasi

1. Memberikan umpan balik positip dan penguatan dalam bentuk lisan ,isyarat,tu-lisan , maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.

2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didikl melalui berbagai sumber

3. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan

4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar

5. Berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar

6. Membantu menyelesaikan masalah

7. Memberi acuan agar peserta didikdapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi

8. Memberi informasi untuk berskspolrasi lebih jauh

9. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belim berpartisipasi aktif

Macam-macam alternatif kegiatan konfirmasi

1. Penyimpulan

2. Memberikan balikan apa yang dikerjakan pserta didik

3. Penjelasan mengapa salah

4. Penjelasan mana yang benar dan yang salah

5. Meluruskan yang salah

6. Menegaskan yang benar

7. Melanjutkan / menambahkan yang kurang

8. Mengangkat kasus yang salah dan yang benar, menjelaskan mengapa salah /benar

9. Menyimpulkan konsep,criteria, prinsip,cra mencspai yang lebih baik, contoh

dan bukan gontoh

10. Memperluas contoh yang benar dan yang salah

11. Menjelaskan bagaimana seharusnya

12. Menciptakan rubrik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar